Angket Akselerasi Kaderisasi



ANGKET AKSELERASI KADERISASI
Ouput:
1.       Mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang proses kaderisasi yang selama ini berjalan (kendala, tantangan, peluang, kelebihan, dll.).
2.       Dapat dijadikan bahan memformulasikan format akselerasi kaderisasi ke depan yang lebih efektif.
3.       Mendapatkan data kuantitatif proses kaderisasi, sehingga didapatkan peta demokrafis anggota dan kader.

RUANG LINGKUP REKRUITMEN
No.
Petanyaan
YA
TDK
Katerangan*
1
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat memiliki latarbelakang NU?



2
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat merupakan alumni pesantren atau lembaga pendidikan formal yang dikelola oleh NU?



3
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat adalah keluarga berlatarbelakang PMII?



4
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat kader yang direkrut oleh sahabat berangkat dari minat dan hobi yang ada di dalam PMII?



5
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat, mengikuti PMII karena ajakan bermotif pertemanan ?



6
Apakah mayoritas anggota PMII di basis sahabat mengikuti bimtest yang diadakan PMII ?



7
Dari seluruh pendekatan di atas (NU, PMII, Hobi, persahabatan,  bimtes) apakah ada pendekatan lain yang membuat orang memilih masuk PMII? (jika YA, tulis bentuk tersebut pada kolom keterangan)



8
Apakah di tempat sahabat dalam rekrutmen  anggota PMII melakukan test identidikasi potensi diri dan kecenderungan aktif di PMII ?



9
Apakah basis sahabat melakan kegiatan pra mapaba dalam setiap upaya rekrutment? (jika YA, tulis bentunya pada kolom keterangan)



10
Dari term di bawah ini, manakah yang menjadi kendala paling dominan dalam rekrutmen anggota PMII ?
a)    Finansial
b)   Fasilitas
c)    Stigma buruk anggota PMII
d)   Perbedaan Ideologi  calon anggota dengan ideologi PMII
e)   Ketidakcakapan pengurus melakukan rekrutmen
f)     Intervensi kampus
g)    PMII Minoritas
(pilihan jawaban bisa ditulis dikolom keterangan)






RUANG LINGKUP IDEOLOGISASI
No.
Petanyaan
YA
TDK
Katerangan*
11
Lebih dari 1 kali melakukan MAPABA dalam setahun. (jika YA tulis jumlahnya dalam kolom keterangan)



12
Masih efektifkah materi-materi MAPABA sebagai sarana ideologisasi di basis sahabat?



13
Apakah materi MABAPA yang ada sekarang sudah sesuai dengan karakteristik kampus agama? (berikan usulan pada kolom keterangan)



14
Apakah pemateri MAPABA di basis sahabat memiliki kompetensi dalam menyampaikan materi?



15
Materi MAPABA disampaikan dengen metode yang membantu pemahaman ideologis PMII. (jika YA, tulis bentuk metodenya seperti apa)



16
Apakah di basis sahabat mempunyai pemateri MAPABA yang mempunyai kualifikasi khusus dalam materi NDP, ASWAJA atau Paradigma PMII?



17
Apakah teknis pelaksanaan MAPABA di basis sahabat sudah sesuai dengan buku Panduan Kaderisasi “Multi Level Strategi”?



18
Perlu ada tambahan materi yang dapat menumbuhkan rasa “memiliki” PMII. (jika YA, tulis judul materi dan sub materi pada kolom kerangan)



19
Apakah setelah palaksanaan MAPABA di basis sahabat dilanjutkan dengan mengadakan kegiatan follow up?



20
Dari term di bawah ini, manakah bentuk follow up yang sering dilakukan di basis sahabat?
a.    Mentoring
b.    Diskusi nonformal
c.     Diskusi informal
d.    Diskusi formal
e.    Tidak ada
(tulis pilihan pada kolom keterangan, berikan uraian singkat atas pilihan tersebut)





RUANG LINGKUP PERAN AKTIF DAN DAYA JUANG
No.
Petanyaan
YA
TDK
Katerangan*
21
Pada zona sahabat, lebih dari 1 kali melakukan PKD
(jika YA, tulis brp kali, jika TDK tulis alasannya)



22
Seluruh Pengurus Komisariat di basis sahabat sudah lulus PKD?



23
Materi-materi dalam PKD dapat menjadi bekal utama  seorang pengurus dalam mengorganisasikan  institusinya



24
Apakah materi PKD sudah sesuai dengan karakteristik kampus agama? (berikan usulan pada kolom keterangan)



25
Perlu ada tambahan materi yang dapat menumbuhkan rasa “memiliki” PMII. (jika YA, tulis judul materi dan sub materi pada kolom kerangan)



26
Apakah pemateri PKD di basis sahabat memiliki kompetensi dalam materi yang disampaikan?



27
Apakah di basis sahabat mempunyai pemateri PKD yang mempunyai kualifikasi khusus dalam materi NDP, ASWAJA atau Paradigma PMII?



28
Materi PKD disampaikan dengan metode yang membantu kader menumbuhkan kesadaran berperan aktif dan daya juang untuk PMII. (jika YA, tulis bentuk metodenya seperti apa, jika “TDK” metode apakah yang)



29
Apakah teknis pelaksanaan PKD di basis sahabat sudah sesuai dengan buku Panduan Kaderisasi “multi level strategi” ? (jika, TDK, panduan apa yang biasa digunakan



30
Apakah setelah pelaksanaan PKD, pada basis sahabat melaksanakan follow up?



31
Dari term di bawah ini, manakah bentuk follow up PKD yang sering dilakukan di basis sahabat?
a.    Mentoring
b.    Advokasi
c.     Diskusi nonformal
d.    Diskusi informal
e.    Diskusi formal
(tulis pilihan pada kolom keterangan, berikut bentuk kongritnya)




RUANG LINGKUP SUPPORTING SYSTEM DAN THE LEADING SECTORS (SPESIALISASI PROFESI)
No.
Petanyaan
YA
TDK
Katerangan*
32
Pada zona sahabat, melaksanakan PKL lebih dari 1 kali (jika YA, tulis berapa kali, jika TDK sebutkan alasannya)



33
Apakah kader di basis sahabat yang lulus PKL memiliki orientasi untuk menduduki the leading sectors (spesialisasi profesi)?



34
Apakah materi dan metode dalam PKL sudah dapat mendukung survive kader pada ranah the leading sector (spesialisasi profesi)?



35
Apakah pemateri pada kegiatan PKL di zona sahabat memiliki kompetensi pada materi yang disampaikan



36
Kader pasca PKL memiliki kepedulian yang tingggi terhadap institusi, menjadi supporting system internal organisasi



37
Berikut ini adalah tawaran model PKL yang diharapkan dapat mengarah pada survive kader pada ranah the leading sectors (spesialisasi profesi)
1.       Penugasan Reseach Sosial
2.       Portofolio kiprah organisasi
3.       Advokasi Case
4.       Pelatihan Keprofesian (sesuai basic akademik)
(pilihan dapat ditulis pada kolom keterangan)




RUANG LINGKUP ASSESMENT & EVALUATION
No.
Petanyaan
YA
TDK
Katerangan*
38
Selalu melakukan penilaian terhadap daya serap peserta setelah menerima materi dalam setiap jenjang jenjang pengkaderan atau pelatihan



39
Selalu melakukan penilaian terhadap metode dan strategi penyampaian materi oleh narasumber/fasilitator



40
Pengurus melakukan penilaian diri pada anggota, terkait perkembangan akademik & peran aktif dalam organisasi



41
Melakukan penilaian & evaluasi kinerja organisasi secara berkala dalam beberapa bulan/minggu



42
Membuat tindak lanjut (follow up) berupa reward atau punishment dari hasil penilaian dan evaluasi kinerja



43
Cara memberikan reward atas nilai baik yang didapatkan kader atau anggota: (jika ada, sebutkan dalam kolom keterangan)




Catatan:
1.       Kolom keterangan dapat diisi usulan, alasan, bentuk pilihan yang disesuaikan dengan subtansi pertanyaan
2.       Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian, di mana subjek yang ingin dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan, status,  proses dan tingkat pencapaian kompetensi pada jenjang pengkaderan tertentu (Cecil R, Renolds; 1997). Format penilain diri bisa dibuat berdasarkan kesepakatan kader
3.       Mentoring pada masa rekrutmen dan paska mapaba adalah pemdampingan kader/pengurus terhadap anggota secara inten, dengan perbandingan (1 kader untuk 10 anggota), dengan fokus utama; memperhatikan potensi anggota, pencapaian proses ideologisasi anggota, perkembangan potensi yang dimiliki, sehingga didapatkan data base anggota yang akuntable.
4.       Metode dan strategi pelaksanaan PKL sejauh ini tidak berbeda dengan metode Mapaba atau PKD (ceramah, diskusi, & tanya jawab lebih dominan), sementara PKL adalah jenjang pematangan diri kader yang diharapkan bisa menjadi supporting system organisasi dan siap pakai pada lini the leading sectors, maka metode dan strategi baru pelaksanaan PKL mutlak diperlukan, bisa berupa pendekatan social research, advokasi masyarakat, kewirausahaan, penilai project, dll.   

TULISKAN KONDISI OBYEKTIF KADERISASI PMII HARI INI (KHUSUSNYA  IDENTIFIKASI MASALAH YANG BELUM TERCANTUM DALAM ANGKET DI ATAS)
1.      ………………………………………………………………………………………
2.      ………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………….
4.      ……………………………………………………………………………………….
5.      ………………………………………………………………………………………
6.      ……………………………………………………………………………………….
7.      ………………………………………………………………………………………
8.      ………………………………………………………………………………………
9.      ……………………………………………………………………………………………….
10.  ………………………………………………………………………………………………

 

0 komentar:

Posting Komentar